Skip to main content

#BincangFingerstyle Gitaris Jenaka : Andri Guitara

Pecicilan menurut saya adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana polah Andri ketika bermain gitar di panggung. Ia begitu atraktif memainkankan gitarnya, sering pula disertai dengan mimik wajah yang lucu. Kadang part – part sederhana saja ketika dipadukan dengan gaya ia bermain sungguh lah menghibur kami sebagai audiens. Dari segi itu wajarlah seorang Andri menjadi menonjol diantara pemain gitar kebanyakan. Pembawaannya di panggung yang unik ini membuat saya ingin mengeksplor bagaimana cerita perjalanan Andri mengawali bermain musik hingga kini sebagaimana teman – teman ketahui ia cukup aktif dengan channelnya Meisandriaguitara di Youtube.Wawancara ini berlangsung Jumat lalu, balik makan siang abis Jumatan saya iseng aja chat Andri, eh kebetulan doi pas kosong juga. Selamat menyimak kawan !




Cerita dong ndri gimana ente awal- awal belajar gitar

Awalnya..... bermula dari taun 2001.... waktu itu urang belajar main...suling. Ada gitar putih di rumah, kata babeh gitar nganggur di pabrik. Trus senarnya gw bakar lah, soalnya rame, kalo senarnya dibakar, putuslah. Sampai akhirnya sisa tinggal 2 senar. Dari situlah awa mulai belajar gitar. Ada lagu “daaaaaan, pabila esooook..datang kembali” (woy yang di belakang nggak usah ikutan nyanyi woy! :p) Ada bassnya tuh.. nah dr situ tuh mulai mainin bassnya doank.Terus entah knp mau belajar gitar.
Dikasihlah senar prmd

Mulai mau belajar, tapi entah lupa waktu itu tiba2 keukeuh mau beli gitar baru aja. Trus ngumpulin uang donk sampe 180rb... edan itu mahal kalee. Sampe ortu bengong ngapain urang beli gitar.
Tahun berapa itu

Tahun 2001, trus urang beli gitar dan beli buku kunci, isinya kunci doank. Trus gw pelajari bukunya, gimana caranya? Gw buka halaman pertama
Kunci C
Trus gw apalin
C C7 Cmaj7 Cdim C9 C11 C13 C/E Caug Csus9 Cadd ..........
Dan hari itu, hari pertama belajar gitar, gw cuma ngapalin itu doank..kunciii C
Besoknya D
Besoknya E
Nah pas E gw berenti, gw menemukan ternyata semua ini berpola. Setelah itu gw bisa deh mainin kunci apapun. Tapi pada saat itu belum bisa metik senar. 

Saat itu udah bisa nyetem gitar?

Nah itu, kalo nggak salah paman gw deh nyetemin. Trus gw belajar dari dia. Tapi.. saat itu bukan A=440 Hz. Paman awa ni ada 2, 22nya ngeband, yang satu rock, 1 fushion. Yang rock ngajarin gw lagu dewa...usap aiiir matamu...Yang fushion ngasih lagu incognito... band apa sih itu??? xD

Dan entah gw ulik ulik sendiri deh.. dulu kan ada buku MBS...ada kaset...sampe2 beli kaset kosong buat ngerekam lagu dari radio cuma buat belajar gitar..

*pukpuk

Trus dalam jangka beberapa bulan paman gw ngajak gw ngeband mainin gitar electric..
Udah deh..segitu aja aku mah awalnya belajar gitar mah.

Sejak itu eksplor sendiri atau sempet berguru ke org lain?

Daaan iya..saking gw apal chord ya..gw selalu protes ama temen2 gw.. gak ada tuh yang namanya KUNCI GANTUUUUNG. Ya eksplor sendiri kalo main gitarnya aja mah. Main musiknya baruuu ada guru. 

Di taun ke 3 belajar gitar..gw jadi gitaris terbaik di festival band apa gitu ya lupa lah di purwakarta ngalahin yg mainin Joe Satriani lah.
Knp coba gw menang?

Pasti nggak pake celana

Beneran ih *gemes*

Hmm, banyak ngisi akor2 unik ?

Gw mainin lagu sunda yg gw aransemen ulang. Melodinya buat sendiri. Pas festival, ternyata tuning gitarnya salah, nggak nyetem, tapi gw bisa mainin tanpa kapo waktu itu..secara gitu melodinya buatan sendiri. Truuuussss

Yg terpenting

Cm gw..gitaris..yg waktu itu... joged2..pedeee abiss.. (itu sebabnya morning sunshine gw terkenal karena headbangnya. 
Bahkan gw ikutan fest di bekasi, juara favorit lah. Itu tuh masamasa SMP pokok’e.

Itu tadi katanya klo untuk musik ada gurunya, siapa ya?

Itu 2005..masih jauh. Trus masuk sma..temen2 seband di smp tuh nggak bareng lagi.. *mewek* Bubar deh. Sampe bikin band lagi di sma. Nah disitu ketemu guru musik yang buka wawasan banget..ngasih tau tentang soul..ngasih tau tentang idealis bermusik..trus apapun lah..guru musik sekolah sih. Disitu mulai baru bisa ngevaluasi diri..dan masa2 sma tuh masa dimana gw bisa nyiptain 40 lagu. Pas udah mengenal yg namanya adobe audition, disitulah awa rekam banyak lagu..itu berlanjut ampe kuliah
Balik lagi pas sma

Kenapa gw bisa bikin lagu!

Waktu itu gurunya ngajarin cara bikin lagu..Dan kata dia..”jadilah dirimu sendiri..bahkan jika perlu..tutup telingamu dari semua musik”
Sejak sma lah gw nggak apal lagu orang. Padahal smp rajin beli sampe..apal banget tuh lagu lagu.... “tergoooreees kembaaaaliiiii satu luka diiiihatikuuu”
Lagu apaan tuh *mikir*
Gw lupa nama bandnya. Nah trus pernah ada pelajaran main gitar, 1 caturwulan, waktu itu tesnya main gitar. Nilai maksimumnya 9 dan gw dapet 9.5
Temen2 yg nilainya 9 protes, knp bisa? Org dia mainnya standard
Cara ngetesnya gini gurunya, dia liat dulu kemampuan siswanya, kalo dirasa udah bisa, dia tes deh gini, kita mainin lagu, apapun itu, trus kalo dia bilang D, berarti pindah ke do , trus tiba tiba bilang F..ya pindah lagi dan seterusnya..serem pokok’e
Do = D

Wah keren

Gw padahal main lagu nirwana doank bagian reff, yg secara cuma D G Bm A doank. Trus gurunya bilang
Kenapa si andri 9.5?
Soalnya kamu dengerin aja kalo dia main.. kamu pasti tau itu yg main gitar si Andri.Coba ganti gitarnya.. kamu pasti masih tau itu yang main gitar si andri
Edan nggak guru gw tuh?

Seru euy

Itu makannya nuk kalo diskusi ke gw..biasa gw ngasih saran bikin lagu sendiri..aransemen sendiri..karena guru gw yg itu tuh nggak hanya ngajarin, kamu harus belajar genre ini..kamu harus bisa melodi ini, kamu harus jago kaya yngwie..bla bla
Di cuma bilang..kamu harus jadi kamu.

Yup, nggak semua guru se open itu, lanjut dri !

Ya selama sma itu, adanya guru itu bikin gw mau belajar bikin lagu. Trus ada guru lain juga loh, guru sunda, ngajarin musik sunda. Jadi pas sma, gw tuh orang aneh di musik.
Kenapa?
Sebagai referensi..itu zamannya lagu2 RHCP..laruku..Ska

Tapi yg gw ulik tuh ya

Krakatau, jazz, dreamtheater, classic, bahkan lagu2 tradisional indonesia dari sabang ampe merauke..gw masih punya tuh mp3 nya. Sebagai referensi, purwakarta tuh kotanya musik2 punk metal. Jadi gw main pop jazz tuh udah aneh. Dan bikin band juga alirannya pop jazz namanya le gateau. Bahkan gw juara musik festival bedug. Karena musik gw waktu itu katanya kayak krakatau.

Lanjut ndri, pas kuliah gimana?

Selanjutanya masa kuliah..masa suram.

Ini beneran suram

Awalnya gini.. tadi gw cerita kan bisa bikin lagu. Gw rekam kan dari sma. Trus gw sebarin ke radio2, dan 1 manajemen. Dan ternyata manajemen musik itu suka lagu gw, LA light suka juga, Prambors ngajak kerjasama bareng sindentosca waktu itu..katanya sih kalo gw masuk..bisa jadi lagu gw yg diangkat.Tapi gw ngikut ke yg manajemen. Itu kesalahan awa. Gw diminta main kesana sini..bahkan sampai maluku. Idealis rusak, lagu kudu jadi agak melayu, ditambah ada player kayal DJ.Temen- temen yg nggak setuju sedikit demi sedikit mundur. Di manajemen itu ada dinesia, sama sama korban kayak gw. Ternyata manajemen itu penipu. Selama gw di manajemen..gw ketemu sama orang sctv..tangga..dll lah. Dan gw nggak suka dengan kehidupan malam. (Gw dulu irma gan). Sampe2 katanya gw dijanjiin album..kudu cuti kuliah..dan gw cuti 1 semester dari ITB brooo. Lagu gw tuh banyak yg suka makanya manajemen nahan2 gw.

Sekarang statusnya gimana ndri?

2 taun ada gw disitu..nightmarelah.. untung saat itu mengenal meisa. Ya kontraknya palsu, Sekarang mah bebas karena kontrak palsu. 
Sip, lanjut yaa, kapan ndri mulai mengenal mcKee?

Dari awal kuliah udah tau mckee, tapi nggak ngulik soalnya yaaaa kan band tadi. Sejak masa suram itu lagu2 gw keep..nggak dikeluarin. Sampe akhirnya taun 2009 gw move on.. nggak mau lagi main band. Gw frustasi banget. Lanjut kuliah deh..lanjut berteman. Sampe akhirnya gw sering ke rumah temen gw yg punya gitar cort. Dan meisa waktu itu punya gitar yamaha yg skrg gw masih pake. Dari situ..gw belajar fingerstyle. 2010 belajar, 2011 gw punya camdig. 

ooh jadi pake gitar meisa itu modus yaa?! xD

Itu udah jadian. Pas punya camdig, rekam2 deh lagu yg teteeep masih lagu original. Di situ gw uplod ke kaskus. Disuru pindah ama admin. Ke forum ini aja..all about fingerstyle. Disitulah kenal dwiki, kevin, nathan, asbun, hendragunawan, reynaldi, garfi, randy1, randyanto. Trus gw mainin musik fingerstyle gw di kampus, daaan kampus heboh. Gw 'terkenal' tiba2. Dengan nama “Andri Guitara”.

Saat itu udah kenal Randy?

Beluuum. Temen gw waktu itu bilang..kamu kenal randi gak orang matematik..mainnya aneh kayak kamu.

Cerita dibalik nama Andri Guitara?

Dulu tuh gw nyari2 nama panggung gitu..yaaa di dunia suram itu juga kan diajarin tuh how to be popular.. salah satunya ya nama panggung..bahkan gw ketemu tuh sama orang yg nama panggungnya wah..jupe -____- Sejak saat itu ya gw jadi yang skrg ini. 

Mulai aktif produksi youtube gimana tuh ceritanya?

Awalnya nya kan karena main fingerstyle itu unik, makanya nyobain punya youtube. Rekam pake mini dv punya temen.Uploadnya di kampus.
Gak laku.

Cuma 130 an view. Ada 5 video klo g salah. Trus 2011 nyoba lagi..karena beli camdig
Gak laku juga.
Meisa trus iseng..”ini orang2 youtube aku message ya suruh liat lagu akang” (Dulu tuh gampang loh ngemessage orang sambil nyantumin video kita, dan dulu emang itu caranya, selain share di facebook ya)
Dan disitu mulai laku. Sampe akhirnya gw liat jongomm. Dulu mah nggak ada yg kenal jongomm sumpah.

Passionflower?

Bukan, dulu mah dia nyanyi .. duh lupa lagunya... high n dry. Lagu solonya tuh Topeka. Dari lagu high and dry gw makanya jadi pengen juga kaya dia, tapi gw sadar gw bukan penyanyi, makanya ngajak Dinesia. Dari situ rekam dna, live. Karena ya alat rekamnya cuma camdig kan. Tapi ya iseng iseng aja ngakalin ya gimana caranya bisa rekam beberapa angle.

Caranya, lo mainin lagu itu berulang ulang, ulang2 juga rekam live nya. Edan kan?! Nggak ada metronome tuh. Trus ya gitu, gw edit videonya, Meisa yg share. Makanya youtube gw meisandria guitara. Sampe akhirnya alhamdulillah ada rezeki beli mic..beli gitar..beli mic lagi ama soundcard kayak sekarang. Ya mulai..yaaaa walopun skrg juga g rame2 amat sih segitu mah.

Waktu masihpake camdig, ilmu2 akustik gw pas kuliah beneran dipake tuh. Nyari2 angle yang noiseless..reverb alaminya.. dll. Secara nggak ada mic.

Ketemu cika sama barsen gmn ndri ceritanya?

Kalo cika sih harus mundur lagi kebelakang. Pas jaman suram itu, vocalist gw ganti-ganti. Sampe akhirnya dikenalin cikallia dan hema. Hema tuh kayak dewi dewi. Gw disruh milih. Hema tuh mukanya cantik kayak artis. Katanya disuruh milih tapi dipaksa milih Hema. 

Pingin tau dong planning andri guitara ke depannya.

Saya nggak tau kedepannya masih bisa ato gak bermusik soalnya tujuan hidup udah berbeda. Tapi selama bisa. Cara sy bermusik ialah, saya pingin nunjukin bahwa setiap kekurangan kita itu bisa kita atasi. Karna saya mengalami masa masa musik tadi, cara2 merekam aja udah aneh2 kan. Dan saya pingin bantu orang lain yg sebenernya punya kesempatan bermusik untuk bisa nunjukin kemampuannya. Lewat youtube meisandriaguitara. Dan itu juga yg dulu gw lakuin di IFGC. Bikin video youtube yg padahal buat org lain. Bermusiklah dengan hatimu..buatlah orang bahagia dengan musikmu.. tahukah kamu siapa bintang panggung itu? Kamu..ya..kamu

*mewek*

Begitulah kawan wawancara saya dengan Andri Guitara, berikut adalah link ke facebook serta channel Youtubenya.



Sekian dari saya, feel free to pass this story to your friends out there. Sampai jumpa di seri selanjutnya kawan!


Salam kecup hangat,


~Nukie

Comments

Popular posts from this blog

#BincangFingerstyle bersama See N See Guitar

Cressentia (kiri) & Cornel (kanan) Mari saya kenalkan teman - teman dengan See n See guitar. sebuah duo asal Yogyakarta yang beranggotakan Cornelius Prapaska  dan Cresentia Murniastuti. Tak hanya menampilkan permainan gitar selayaknya duo pada umumnya, pasangan ini kerap menampilkan atraksi unik yang gerakan dan posisinya dimungkinkan karena mereka pun adalah sepasang suami istri. ;) Aktif di Youtube dan mbak Cresentia sendiri adalah salah satu yang sangat vokal dan membantu di grup komunitas IFGC membuat saya semakin penasaran dengan See n see guitar ini. Berikut adalah interview saya dengan see n see guitar, selamat membaca ;) N: Background masing - masing personil? S : Cornel : Kelahiran Sidareja, Cilacap. Belajar gitar sejak umur 8 tahun dengan ayahnya yang juga senang musik. Sejak kecil banyak menjuarai berbagai lomba gitar. Lulus SMA lalu menempuh pendidikan musik di Institut Seni Indonesia Yogya dengan instrumen mayor gitar klasik. Dan berhasil mendpt

#BincangFingerstyle with Nathan Fingerstyle

Reading time : 5 menitan paling broo Waktu senggang seperti ini terkadang membuat saya terpikir akan hal –hal konyol, ya tapi  tak apalah, semoga kekonyolan ini masih dalam koridor yang dapat memberi manfaat buat sekitar. =)) Berawal dari keheranan saya dengan banyaknya like dari setiap post facebooknya, kalian dapat cek sendiri, rata2 post dia likenya sekitar 300an, dan itu untuk post apa pun, kalau untuk post video youtubenya biasanya lebih dari angka itu.  S aya pun iseng nge-stalk beberapa post lain dari fb dan juga youtube dia. Yang bikin tambah penasaran lagi, dia sempat ngepost foto dia dengan tulisan ‘mohon maaf yang bisa request donatur only, donasi yuk!” L angsung terpikir oleh saya, wah ini orang kreatif juga yaa, request lagu fingerstyle aja bisa jadi duit loh. Lebih dari 6000 subscriber, mempunyai sebuah video yang sedikit lagi mencapai 400.000 views, tampaknya dia cocok jadi narasumber perdana saya dalam artikel fingerstyle ini. Yuk langsung aja,

#BincangFingerstyle Si Plankton : Luhung Swantara

Emang kecil sih posturnya, tapi jangan salah sangka, kalau udah main gitar kalian bakal merasakan enerji yang hebat terpancar dari dirinya. Pertama kali menemukan video permainannya ialah di grup facebook IFGC, kala itu ia ngepost permainan nya bersama grup yang bernama inabeat. Secara konsep video sederhana sih, gitar dan drum memainkan komposisi yang bernuansa etnik. Jujur, kesan pertama saya melihatnya di video ini, "wah ini orang cool juga !" Dari situ saya mengajaknya ngobrol via chat fb, sungguh kebetulan tidak jauh dari hari itu, dia merencanakan untuk pergi ke Jakarta untuk keperluan bertemu seorang teman dari Jepang. Wah saya langsung tawarkan saja untuk mampir ke basecamp kami di Bintaro. Berikut adalah wawancara singkat via watsapp yang berlangsung selama 2 hari ( :v ) bersama Luhung “Plankton” Swantara. Kapan hung pertama kali mengenal musik? Sejak lahir, musik2 tradisional, macapat, gamelan gitu awalnya, ortuku orang seni tradisional soalnya