Skip to main content

#BincangFingerstyle Si Plankton : Luhung Swantara

Emang kecil sih posturnya, tapi jangan salah sangka, kalau udah main gitar kalian bakal merasakan enerji yang hebat terpancar dari dirinya. Pertama kali menemukan video permainannya ialah di grup facebook IFGC, kala itu ia ngepost permainan nya bersama grup yang bernama inabeat. Secara konsep video sederhana sih, gitar dan drum memainkan komposisi yang bernuansa etnik. Jujur, kesan pertama saya melihatnya di video ini, "wah ini orang cool juga !"

Dari situ saya mengajaknya ngobrol via chat fb, sungguh kebetulan tidak jauh dari hari itu, dia merencanakan untuk pergi ke Jakarta untuk keperluan bertemu seorang teman dari Jepang. Wah saya langsung tawarkan saja untuk mampir ke basecamp kami di Bintaro. Berikut adalah wawancara singkat via watsapp yang berlangsung selama 2 hari ( :v ) bersama Luhung “Plankton” Swantara.



Kapan hung pertama kali mengenal musik?

Sejak lahir, musik2 tradisional, macapat, gamelan gitu awalnya, ortuku orang seni tradisional soalnya. Bapak masih aktif hingga sekarang, tapi lebih ke ludruk, dulunya majornya tari.

Sempet belajar gamelan juga hung?


Kagak :v
Nggak portabel sih, huehehe

Tapi kupingmu udah ditatar dengan musik tradisional dong yaa dari kecil.

Yoii, cuman nancep rasanya doang, teknisnya nggak tau.

Kapan hung pertama ketemu gitar?

Pertama kali pas SD tapi itu pas aku nggak maen gitar, baru seneng doang ngeliat gitar. Maen gitarnya mulai pas ngamen keliling, sekitar taun 2004. Keliling dari rumah ke rumah, nanyi peterpan, hahaha. Grup itu, 2 gitar, maracas dari botol sama beras, sama drum dari galon aqua.

Pernah diusir nggak hung?

Dipalak sih pas itu, sejak itu nggak ngamen keliling lagi, huehehe.

Momen menarik saat keliling

Dulu pernah maen 1 lagu dikasi 10 ribu, padahal yang lain kasi palingan 200 / 500

Belajar gitarnya dari mana kamu hung?

Dari orang sekampung, hampir semua di sini pengamen, hha. Jadi diajarin mereka. Sempet diajarin om juga, dulunya bassist, jaman2annya flanela. Abis itu SMP dibeliin Ibanez sama bokap, ngeband dah.
3 tahunan ngeband dari kelas 2 smp sampe 1 smk. Waktu itu yaa mainnya lagu2 wajib festival gitu deh, apapun lagunya aransemen model sok-sokan dream theater terus pamer skill, jadinya nggak bagus, huehuehe.
Abis itu masuk purwacaraka, dapet guru namanya Dedy Wahyudi. Itu yang ngenalin klasik.

Gimana belajar klasiknya hung, seru?

Sulit -__-“
Dan termasuk murid yang nakal, karena udah sok-sokan dream theatre duluan jadi blajar basicnya ngeremehin. Grade 1 nya 2 tahun. Terus kenaikan grade 2 gw keluar soalnya pindah ke jogja.

Mau kuliah ya?

Pengen masuk ISI akhirnya gagal 3x , ngeremehin basic sih, selain itu juga cewe gw di ISI hehe gw takut bergaulannya rusak jadinya ikut ke sana, eh akhirnya pisah juga sih (sabar yaaah Hung). Jogja skip deh.

Disana saya juga nggambar, freelance sih, gw sebelumnya lulusan animasi. Sempet bikin studio kecil di Jogja sama 1 anak ISI (cewe). Dari Jogja balik lagi ke Malang, gara2 stres gw mulai main musik lagi deh. Sempet disuru kuliah, tapi nggak ketrima, haha, ya untung ga ktrima, sebelum daftar kuliah itu udah main musik sih, dan udah ngajar juga dari pertengahan 2013 di Dwipantara.

Pertama denger IFGC darimana hung?

Sebelum itu, gw main ke rumah Dika dulu, ke komunitas rompok bolong, pas itu ada event gitar day, dari situ dah awalnya baru greget di musik. Itu pas mau konser gitarnya dwipantara sama mas Jubing. Di sana ada ketua IFGC Malang, Muhammad Gabriel, sama Fasya Ye main ke Dwipantara. Pas itu aku sama Laksono ngajar. Gatau tu mereka ke sana ngapain, beli tiket kali, trus ngenalin komunitas. Trus maen. Lagu-lagu coverannya Sungha. Yang terlintas di pikiran gw. Wih, asik nih. Mereka main kayak nggak ada beban. Seru gitu bisa enteng banget mainnya. Enjoy, akhirnya join deh.

Dari situ sering kumpul IFGC?

Ga langsung, gw kontak beberapa kali nggak kumpul-kumpul. Sampai akhirnya Fasya pas itu liat si Fay lagi di Malang. Akhirnya ngopi trus besoknya gathering di kedai kopi NKRI, pas itu luthier kopinya Eddy Ambarwanto, IFGC juga. Setelah itu pergantian pengurus, gw jadi tukang catet, posting, dll. Eh ketuanya ngilang.

Itu tahun 2014?

Yoi, gathering pertamaku di Lenong Rumpi, bulan Maret.

Ketemu Fay kamu terinspirasi nggak? Keliatannya kamu banyak nih main perkusifnya.

Iyalah terinspirasi, dia los, bebas banget main gitarnya, bisa seenaknya, trus ngobrol banyak, sering sharing, gw jadi berani main aneh. Hahaha. Emang dasarnya maen musik gara2 stres balik ke Malang jadinya paling suka maen yang seru-seru seenaknya sendiri.

Dulunya belum main perkusif, trus ketemu Fay, ketemu lagi sama Dape, lengkap sudah. Ditambah lagi ketemu Agi ealah !

Wah Dape, kamu yang nyamper ke Jogja?

Yoi, blajar banyak aku dari Dape, pas itu lagi ngapain ya, lagi kangen rumah kyk e sekalian pengen kenal. Oooo pas itu ada gathering di d Djendelo Cafe Togamas. Emang niat dateng aku.

Lanjut hung, yang Circus Duo gimana nih ceritanya?

Ini awalnya udah sering ketemu di Jazz corner, trus pas aku gabung dwipantara ternyata si Kuro main cello di sana. Trus aku diajak bantuin main di cafe sama kuro ( cello) dan timo (violin). Trus bikin grup ascendio power trio. Mereka ini yang berpengaruh sangat besar dalam prosesku. Nah, setelah makin sibuk, akhirnya nggak jalan.

Trus diajakin drummer namanya Christian Dian itu, buat bikin grup inabeat untuk lomba drum. Dapetlah link ke Jepang. Awalnya grup ini yang mau berangkat. Cuman di grup ini kurang pemain lownya jadi aku ajak si Kuro.

Aku sama kuro ngamen trus n slalu tanya soal proses, temen-temen inabeat sibuk banget. Akhirnya aku sama kuro mutusin brangkat sendiri aja deh, kelamaan nunggu, kita mesti proses album, matengin maennya dll dll.

Trus dikasi nama deh circus duo soalnya kita kan ngamen, pindah- pindah tempat, n maennya bisa dibilang aneh kalo di sini.

Gimana kesiapannya untuk ke Jepang sejauh ini?

Sekarang lagi recording album tapi terhambat, berkas-berkas lagi proses juga.
Ini lagi macet di recording nuk, soalnya gitar gw tone colournya udah nggak bagus ( triplek) pesen di luthier sg bikin silentuk, php doang. Ni lagi pesen baru n cari pinjeman. Sementara ini lagu yang direkam masih 2.

Tapi lumayan dari hasil ngamen gw udah punya di, kabel, stand portabel, nut n saddle, n isa beli senar buat latihan –latihan.

Tinggal nunggu gitarnya doang, hardcase di endorse.

Ok pertanyaan titipan nih, nama plankton julukan dari mana yaaa? ( titipan banyak orang :v )

Haha anjeeng itu mah dape yang bikin, aku pasrah. -__-“ Dape sama kevin itu pokoknya.

Ok, satu lagi, lagu reflection nih ceritanya tentang apa hung? ( titipan Awal )

Itu bikin pas taun baru 2014, reflection itugw bayangin kayak bercemin tapi lintas waktu, jadi bercermin ke taun yang lalu buat yang lebih baik di tahun yang baru gitu.

Kan kayak pima, main normal, itu masa laluku. Sekarang aku isa lebih bebas berekspresi kan, tapi tetep nggak melupakan teknik pima yang sungguh berjasa itu.


“skill itu penting, tapi attitude , disiplin dan konsep jugalah penting” ~Luhung “Plankton” Swantara
 -------------

Yak itulah hasil wawancara saya dengan Luhung, tak perduli berapa kali kita gagal, haruslah tetap maju dan terus mengeksplor diri dengan apa yang kita punya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Berikut saya sertakan video Luhung beraksi di Youtube, selamat menikmati.




Salam kecup hangat,


~Nukie



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

#BincangFingerstyle bersama See N See Guitar

Cressentia (kiri) & Cornel (kanan) Mari saya kenalkan teman - teman dengan See n See guitar. sebuah duo asal Yogyakarta yang beranggotakan Cornelius Prapaska  dan Cresentia Murniastuti. Tak hanya menampilkan permainan gitar selayaknya duo pada umumnya, pasangan ini kerap menampilkan atraksi unik yang gerakan dan posisinya dimungkinkan karena mereka pun adalah sepasang suami istri. ;) Aktif di Youtube dan mbak Cresentia sendiri adalah salah satu yang sangat vokal dan membantu di grup komunitas IFGC membuat saya semakin penasaran dengan See n see guitar ini. Berikut adalah interview saya dengan see n see guitar, selamat membaca ;) N: Background masing - masing personil? S : Cornel : Kelahiran Sidareja, Cilacap. Belajar gitar sejak umur 8 tahun dengan ayahnya yang juga senang musik. Sejak kecil banyak menjuarai berbagai lomba gitar. Lulus SMA lalu menempuh pendidikan musik di Institut Seni Indonesia Yogya dengan instrumen mayor gitar klasik. Dan berhasil mendpt

#BincangFingerstyle with Nathan Fingerstyle

Reading time : 5 menitan paling broo Waktu senggang seperti ini terkadang membuat saya terpikir akan hal –hal konyol, ya tapi  tak apalah, semoga kekonyolan ini masih dalam koridor yang dapat memberi manfaat buat sekitar. =)) Berawal dari keheranan saya dengan banyaknya like dari setiap post facebooknya, kalian dapat cek sendiri, rata2 post dia likenya sekitar 300an, dan itu untuk post apa pun, kalau untuk post video youtubenya biasanya lebih dari angka itu.  S aya pun iseng nge-stalk beberapa post lain dari fb dan juga youtube dia. Yang bikin tambah penasaran lagi, dia sempat ngepost foto dia dengan tulisan ‘mohon maaf yang bisa request donatur only, donasi yuk!” L angsung terpikir oleh saya, wah ini orang kreatif juga yaa, request lagu fingerstyle aja bisa jadi duit loh. Lebih dari 6000 subscriber, mempunyai sebuah video yang sedikit lagi mencapai 400.000 views, tampaknya dia cocok jadi narasumber perdana saya dalam artikel fingerstyle ini. Yuk langsung aja,